Ingat ya,..Event Wisata Terbaik di Aceh dan Riau Selama 2018

Aceh dan Riau merupakan dua destinasi yang mulai jadi primadona pariwisata sepanjang 2017 lalu. Seperti Sail Sabang di Aceh yang berhasil menyedot perhatian turis lokal dan mancanegara pada akhir lalu. Sedangkan , Riau berhasil menjadi juara umum dalam penghargaan Anugerah Pariwisata 2017 oleh Kementerian Pariwisata. Nah, sebelum melancong kedua kota itu, sebaiknya kamu mencatat kalender Event sepanjang 2018. Keduanya punya banyak agenda menarik,lho.

 

1. Aceh Culinary Festival

Aceh terkenal dengan kulinernya. Katakanlah kopi dan mie, keduanya menjadi andalan kota tersebut. Bahkan membawa nama Aceh hingga ke kancah Internasional. Namun, ternyata bukan cuma kedua makanan itu yang legendaris di Aceh. Untuk itu, pemerintah setempat menggelar Aceh Culinary Festival. Event bertaraf internasional  digelar untuk mendukung Aceh sebagai daerah tujuan wisata halal. Ratusan menu makanan halal khas Aceh akan dipamerkan dalam gelaran tersebut. Ingat Ya..dan perlu dicatat, Aceh Culinary Festival dilaksanakan pada 4-6 Mei mendatang.

2. Aceh Internasional Rapa’I Festival

Perhelatan ini merupakan event musik perkusi bertaraf internasional. Tujuannya untuk melestarikan kesenian tradisi Aceh, Khususnya seni musik perkusi. Memang kota tersebut terkenal dengan musiknya yang menghentak. Aceh internasional Rapa’I Festival akan digelar pada tanggal 12-15 Juli 2018.

3.  Bakar Tongkang – Riau

Bakar tongkang merupakan upacara membakar replika kapal yang digelar rutin setipa tahun. Sejarahnya bermula dari sekelompok orang Fujian, Tiongkok, yang berlayar mengarungi laut. Mereka dihantam gelombang besar dan tersesat ditengah laut. Semua orang didalam itu berdoa kepada Dewa Kie Ong. Jika mereka menemui daratan, mereka akan membakar kapal itu dan tak akan kembali ke tanah asalnya. Benar saja, Mereka selamat dan mendarat di Bagansiapiapi. Lalu, orang Bagansiapiapi percaya kalau nenek moyang mereka adalah orang asli Fujian. Untuk mengenang sejarah itu. penduduk asli akan membakar replika kapal setiap tahunnya. Bakar tongkang digelar pada 28-30 Juni 2018.

4.  Bono Surfing – Riau

Ini cuma ada segelintir di dunia, surfing di sungai. Fenomena alam di Sungai Kampar yang dinamakan gelombang Bono. Sungai Kampar merupakan salah satu tempat yang menyediakan “wahana ” surfing di sungai.

Lokasinya di kabupaten Palawan, Riau. Gelombang bono terjadi lantaran bertemunya arus pasang air laut dari selat malaka dan laut cina selatan. Plus, angin dan tebing di sisi kanan dan kirinya. Panjang gelombang mencapai 40 kilometer. Peselancar dunia menyebutnyaThe sevent ghost. Karena itu, lomba surfing berkleas internasional menjadi acara tahunan disini. Tahun ini akan digelar pada 12-15 November.

 

 

5.  Festival Pacu Jalur – Riau

Festival Pacu Jalur digelar untuk memperingati Hari Kemerdekaan R.I Pacu jalur adalah perlombaan mendayung disungai menggunakan perhu sepanjang 25-40 meter. Sementara itu, Lebarnya hanya sekitar 1,5 meter. Festival ini lantas menjadi agenda tahunan rutin kabupaten Kuantan Singingi. Kamu bisa mengikutinya pada 29 Agustus – 1 September mendatang.

 

SUMBER

About the Author

Leave a Reply

*

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Facebook
Google+
https://www.rihlahsumatera.com/ingat-ya-event-wisata-terbaik-di-aceh-dan-riau-selama-2018">
YouTube
Instagram