Menikmati Keindahan Mursala

Comment are off

mursala-2Di belakang kami terhampar lautan Hindi yang maha luas. Di sambut oleh ikan-ikan terbang, kami tiba di sebuah perairan jernih yang terhampar di salah satu bagian pesisir barat Sumatera. Di bawah, dasar laut kelihatan dari atas perahu. Airnya yang bening mengindikasikan belum banyak campur tangan manusia di lokasi ini.

Di hadapan kami terpancur air terjun. Tingginya 35 meter. Airnya tawar dan langsung jatuh ke laut. Sebuah maha karya yang luar biasa. Elok seperti wanita dengan rambut  mayang terurai. Hingga kini orang masih bertanya-tanya, dari mana sumber air tawarnya yang tak pernah berhenti terpancar sepanjang masa itu?

Masyarakat mulai menganalisa. Dikatakan, sumber air terjunnya berasal dari Danau Toba. Analisanya begini. Dulu pernah di pancuran air terjun itu terdapat bulir-bulir padi dan jerami yang mengapung di laut. Waktunya tepat bersamaan dengan masa panen padi di pinggiran Danau Toba.

Mungkin saja. Di pulau ini sendiri tidak ada orang yang menanam padi. Lagi pun lokasinya tidak begitu jauh dari Danau Toba yang berada di atas perbukitan sana.

Konon, pulau yang menjadi sumber pancuran air ini dulunya menjadi tempat persinggahan pedagang ‘mur’ untuk shalat. Biar mudah, masyarakat menyebutnya “murshalat”. Belakangan menjadi “Mursala”. Mur (myrrh) adalah bahan baku utama pembuat wangi-wangian, berasal dari getah pohon gaharu dan cendana.

Masuk akal juga. Pulau ini pun tak jauh dari Barus. Sebuah kota lama yang pernah menjadi pusat perdagangan mur dunia. Dari Barus-lah masyarakat dunia mengenal kapur barus, salah satu hasil ekstraksi mur. Sebagian peneliti percaya bahwa peradaban Islam masuk ke Nusantara melalui Barus oleh saudagar Arab dan Afrika yang datang kesini.

Orang Eropa lebih mengenalnya dengan nama Pulau Mansalaar. Keindahannya membuat mereka tertarik dengan pulau ini, sehingga ia telah terpilih menjadi setting pembuatan film King Kong produksi Hollywood.

Pulau Mursala terdapat di perairan Kota Sibolga, Sumatera Utara, sebagai salah satu gugusan pulau terluar Indonesia yang patut dijaga. Kabarnya, air terjun serupa ini hanya terdapat di beberapa tempat saja di dunia.

(Danil Junaidy Daulay)

 

Sumber :

http://sumatrabeyond.com/menikmati-keindahan-mursala/
The readerinthetext, as it highlights the central importance of evidence do my homework within https://homework-writer.com/ from the text.

About the Author
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Facebook
Google+
https://www.rihlahsumatera.com/menikmati-keindahan-mursala">
YouTube
Instagram